Kunjungan LPPM ITB ke Universitas Mataram Guna Kerja Sama dalam Riset, Pengabdian Masyarakat, dan Inovasi

Lombok, lppm.itb.ac.id, 28 Oktober 2022-Tim LPPM ITB mengunjungi LPPM Universitas Mataram dalam rangka diskusi riset, pengabdian masyarakat, dan inovasi. Pertemuan yang berlangsung di kantor LPPM UNRAM ini disambut langsung oleh ketua LPPM UNRAM, Muhamad Ali, Ph.D.

Selain melakukan kunjungan ke Universitas Mataram, Tim LPPM ITB juga berkunjung ke tempat kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berada di Kampung Coklat Senara, Lombok Utara dalam rangka monitoring dan evaluasi hasil kegiatan pengabdian masyarakat.

Tim yang berjumlah 11 orang ini terdiri dari tim Monev Pengabdian Masyarakat LPPM ITB yang dipimpin oleh Sekretaris Bidang Umum LPPM ITB, Mohammad Farid, Ph.D., dan tim Pengabdian Masyarakat yang dipimpin oleh Dr. Kamarisima.

Ketua LPPM UNRAM, Muhamad Ali, Ph.D. mengatakan dalam diskusinya bahwa Universitas Mataram mempunyai ikatan yang kuat dengan ITB dalam hal riset. Beliau pun menambahkan, LPPM UNRAM sangat senang sekaligus bangga bisa berkolaborasi secara kontinu dan tentunya banyak belajar dari ITB.

"Universitas Mataram sangat bangga bisa bekerja sama dengan ITB. Kedepannya semoga kerja sama ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan bisa melahirkan inovasi-inovasi yang dapat digunakan oleh khalayak", tambah Muhamad Ali dalam diskusinya.

Selain itu, Universitas Mataram saat ini sedang mengembangkan riset kendaraan listrik pintar yang baru diinisasi tahun ini. Sebelum mengembangkan riset ini, tim riset Universitas Mataram sempat berdiskusi dengan beberapa dosen ITB untuk rencana pengembangan riset, seperti teknologi mesin penggerak untuk kendaraan listrik. Tim pengembang riset berharap bisa bekerja sama dengan ITB secara kontinu untuk mengembangkan kendaraan listrik pintar.

Dalam diskusinya, Sekretaris Bidang Umum LPPM ITB sekaligus ketua tim Monev Pengabdian Masyarakat LPPM ITB, Mohammad Farid, Ph.D. menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah diterima dengan sangat baik oleh Universitas Mataram. Selain itu, beliau menyampaikan tujuan kunjungan ini. Selain membahas beberapa kerja sama dalam hal riset dan inovasi, kunjungan ini pun untuk melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Coklat Senara, Lombok Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada LPPM UNRAM yang sudah menerima dan menyambut kami dengan baik. Kegiatan kunjungan kami ini diharapkan dapat menciptakan sebuah kolaborasi yang tentunya bisa bermanfaat untuk masyarakat. Banyak hal yang kita bicarakan bersama. Utamanya kerjasama riset dan teknologi antara ITB dan Universitas Mataram. Semoga melalui kolaborasi ini, inovasi-inovasi luar biasa dapat muncul satu per satu”, tambah Farid dalam diskusinya.

Selain itu, Farid menyampaikan beberapa kegiatan dan program LPPM ITB, seperti kegiatan riset dan pengabdian masyarakat yang telah dicapai di tahun ini. Termasuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Dr. Kamarisima. Kemudian, beliau menyampaikan juga beberapa program yang mungkin dapat dikolaborasikan dengan kegiatan yang dilakukan oleh LPPM UNRAM.

Dalam akhir diskusi, LPPM ITB memberikan cendera mata berupa Buku perjalanan Pengabdian Masyarakat di ITB dan aksesori desanesha kepada LPPM Universitas Mataram. Hal ini juga sekaligus disampaikan mengenai aplikasi desanesha yang akan sangat bermanfaat untuk desa yang ada di Lombok.

648

views