Kolaborasi ITB dan UGM Bekerja Sama untuk Transformasi Desa Sukamanah

Tim Enhance (Enabling Humanitarian Attributes for Nurturing Community-based Engineering) yang terdiri dari University of Warwick, ITB, UGM, UB, dan komisi Erasmus menginisiasi program KKN-Kolaborasi 2023. Desa Sukamanah, Pangalengan, Jawa Barat, dipilih sebagai fokus utama. Meskipun desa ini memiliki potensi besar di sektor pariwisata dan agrikultur, berbagai kendala masih menghalangi pengembangan potensi tersebut.

Dalam upaya mengatasi kendala-kendala tersebut, program KKN-Kolaborasi ITB dan UGM 2023 menginisiasi beberapa program kerja yang dikelompokkan berdasarkan cluster, yaitu Saintek, Medika, Agro, dan Soshum. Setiap cluster memiliki fokus program kerja untuk menyelesaikan permasalahan berdasarkan cluster tersebut. Tujuan utamanya adalah mengembangkan sektor pariwisata dan sumber daya alam berbasis geothermal.

Meski demikian, pelaksanaan program tidak berjalan mulus tanpa tantangan. Seringnya miskomunikasi antar anggota kelompok, kurangnya survei dan perencanaan saat pra-implementasi, serta rusaknya sebagian produk hasil implementasi setelah 3 bulan pasca-implementasi menjadi permasalahan utama.

Namun, program ini juga menghasilkan beberapa manfaat yang signifikan, seperti peningkatan pengetahuan masyarakat, terjalinnya kolaborasi dengan berbagai pihak, dan peningkatan infrastruktur lokal terutama di desa wisata.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, perlu dilakukan komunikasi yang lebih efektif antar anggota kelompok dan dengan pihak desa. Perencanaan yang lebih matang dan alokasi dana yang lebih besar juga menjadi kunci kesuksesan program ini.

Dalam rencana kelanjutan, akan dibuat Festival Kawah Wayang yang bertujuan untuk lebih mengenalkan wisata kawah wayang dan terus meningkatkan kemajuan Desa Sukamanah. Kolaborasi yang erat antara ITB, UGM, dan pihak terkait diharapkan dapat membawa perubahan yang positif bagi masyarakat desa tersebut.

28

views