Kolaborasi  ITB dan Kementerian Desa PDTT, BebaskanWarga Desa Mukekuku- Rote dari Krisis Akses Internet

Desa Mukekuku, adalah sebuah desa yang terletak di ujung timur Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Boleh jadi, desa ini sangat layak dijadikan sebagai sebuah destinasi wisata karena keindahan alamnya serta kaya akan hasil bumi.  Namun siapa sangka, Desa Mukekuku yang dikenal sebagai produsen berbagai produk yang berasal dari air sadapan pohon lontar ini menghadapi tantangan serius dalam telekomunikasi,  sebut saja akses internet yang tidak memadai.

Padahal keberadaan internet seharusnya bisa menjadikan penduduk desa lebih memaksimalkan penjualan hasil bumi yang mereka miliki. Dengan memanfaatkan internet, penjualan hasil bumi bisa dilakukan secara online, dan sekaligus juga bisa memperkenalkan keindahan desa ini dengan memanfaatkan internet.

Desa ini mengalami permasalahan terkait akses internet. Sebetulnya program BTS daerah 3T dengan uplink satelit sudah menjangkau Desa Mukekuku, tetapi kemudian muncul kendala berupa pergeseran tanah yang mengakibatkan ketidakstabilan tower BTS dan pergeseran arah piringan satelit, menyebabkan akses internet yang tidak stabil. Meskipun ada akses dari tower cellular provider cellular di desa sebelah yang bisa diakses di area bukit dan pantai namun hal ini tidaklah efisien bagi warga Mukekuku untuk selalu pergi ke area-area tersebut untuk mengakses internet.

Atas fakta-fakta inilah, Desri H Suki, selaku Kepala Desa Mukekuku, memutuskan untuk menghubungi tim ITB melalui aplikasi Desanesha. Kolaborasi ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh ITB dan Kementerian Desa PDTT.

Tak menunggu lama, sebagai bentuk tindak lanjut, Hendrawan, selaku dosen di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, bersama dua mahasiswanya yaitu Galih Nugraha Nurkahfi dan Akromu Dzikri, melakukan surveiawal pada pertengahan Agustus 2023. Survei ini bertujuan memahami secara mendalam permasalahan yang dihadapi, kondisi eksisting, kebutuhan, dan kemungkinan solusi.

“Pada saat tim LPPM ITB ke Desa Mukekuku, Bapak Hendrawan juga sempat memberikan penyulungan mengenai pentingnya internet dan pemanfaatan internet untuk meningkatkan produktifitas warga,”demikian release yang diterima media ini. Pemanfaatan internet secara produktif antara lain dengan belajar hal-hal baru dari konten-konten pembelajaran yang ada di internet, memanfaatkan internet untuk berniaga lewat e-commerce ataupun marketplace dan juga memperkenalkan potensi desa lewat social media.

Setelah analisis yang teliti, tim ITB memutuskan untuk memasang akses internet satelit sebagai solusi terbaik. Tidak hanya itu, mereka juga memperluas jangkauan akses dengan menggunakan wifi outdoor hingga lebih dari 100-meter agar lebih banyak warga bisa menikmati layanan internet yang stabil.

Kedatangan kedua tim ITB pada pertengahan bulan Oktober 2023 didahului dengan kedatangan tim dari dari provider internet satelit yaitu PT  Pacific Satelit Nusantara (PSN) untuk memasang satellite dish dan modem. Kemudian tim dari ITB melanjutkan dengan melakukan, ekstensi jangkauan akses internet ke sekitar kantor desa agar warga desa juga bisa menikmati akses internet ini.

Setelah pemasangan akses internet satelit dan ekstensi jaringan internet dilakukan, hal lain yang dilakukan oleh tim adalah pemberian sumbangan laptop dan buku untuk pembelajaran penggunaan internet yang produktif. Daud Suki selaku Sekretaris Desa, juga diberikan penjelasan tentang pengelolaan fasilitas akses internet secara singkat.

Selama kegiatan tersebut, pendamping desa Kementerian Desa PDTT untuk wilayah Rote Ndao, Filadelfia Fiah (Bapak Fila), mendampingi tim ITB dengan pemahaman mendalam tentang wilayah Kabupaten Rote Ndao, sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.

Meskipun kegiatan utama telah selesai, tim ITB tetap berkomunikasi dengan perangkat desa Mukekuku untuk memberikana sistensi jika ada masalah terkait akses internet. Komitmen untuk memastikan solusi yang diberikan berjalan lancar dan berkelanjutan bagi masyarakat Desa Mukekuku.

Selain itu tim LPPM ITB juga membantu membangun website desa Mukekuku, yang pada saat ini masih dalam tahap pengisian konten.  Diharapkan dengan adanya web desa Mukekuku maka akan membuka informasi mengenai potensi desa baik ekonomi maupun pariwisata ke dunia luar yang selama ini belum banyak diketahui orang. Nantinya web ini bisa diisi data demografi, geografi, galeri foto potensi wisata, dan hasil bumi Desa Mukekuku

90

views