Kolaborasi ITB 2023 Dorong Transformasi Desa Sukaluyu Melalui Inovasi dan Pemberdayaan

Desa Sukaluyu, yang berada di dataran tinggi Kecamatan Pangalengan, memiliki potensi besar namun juga beragam tantangan dalam berbagai sektor. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi ITB 2023 dirancang dengan pendekatan multi-bidang yang komprehensif.

Program ini melibatkan inisiatif di berbagai bidang, termasuk saintek untuk pengembangan pariwisata, medik untuk peningkatan kesehatan masyarakat, agro untuk pemberdayaan petani, dan soshum untuk peningkatan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat secara umum. Dengan melibatkan berbagai kegiatan seperti penyusunan masterplan pariwisata, sosialisasi mitigasi bencana, kelas teknologi informasi dan robotik, serta kegiatan medis dan agro, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Sukaluyu.

Namun, pelaksanaan program tidaklah tanpa kendala. Desa Sukaluyu masih menghadapi tantangan dalam sektor pendidikan, kesehatan, kesejahteraan masyarakat, pengelolaan sampah, infrastruktur, dan digitalisasi. Minimnya fasilitas pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur umum dapat menghambat efektivitas program, sementara kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan, pengembangan wisata, dan kesehatan menjadi tantangan lainnya.

Dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan, perlu dilakukan pengontrolan dan pengawasan terkait program-program yang telah dilaksanakan untuk memastikan kelangsungan dan efektivitasnya. Selain itu, diperlukan kerjasama yang erat dengan pihak terkait dan lebih digalakkannya program penyuluhan serta sosialisasi kepada masyarakat.

Dengan kolaborasi yang kuat antara mahasiswa ITB dan masyarakat Desa Sukaluyu, diharapkan program ini dapat menjadi langkah awal menuju transformasi desa yang mandiri, maju, dan menjadi contoh dalam pengembangan, pendidikan, perekonomian, serta infrastruktur desa yang lebih baik.

30

views