Kelompok K09 KKN ITB Menyulap Kegelapan menjadi Terang di Desa Cimarga

Desa Cimarga, terletak di pedalaman hutan dan jauh dari pusat kota, telah menghadapi tantangan besar terkait minimnya penerangan jalan umum. Situasi ini memberikan dampak negatif pada aktivitas sehari-hari masyarakat, terutama saat malam tiba. Kesulitan dalam akses transportasi dan meningkatnya risiko kecelakaan lalu lintas menjadi permasalahan nyata yang dihadapi. Kondisi penerangan jalan yang buruk juga membatasi waktu pengiriman hasil perkebunan, menghambat pertumbuhan ekonomi lokal.

Dalam upaya mengatasi tantangan tersebut, Kelompok 09 KKN ITB dengan tema energi di Desa Cimarga mengambil langkah proaktif dengan memfokuskan pada pemasangan lampu jalan berbasis solar panel. Program ini bertujuan untuk meningkatkan penerangan jalan umum, meminimalkan potensi kecelakaan, dan mendukung aktivitas masyarakat pada malam hari. Melibatkan K09 Energi KKN Tematik ITB 2023 dan partisipasi aktif masyarakat lokal, program ini tidak hanya mengatasi masalah infrastruktur, tetapi juga mendorong semangat gotong royong yang merupakan nilai khas dalam kehidupan masyarakat Desa Cimarga.

Pentingnya interaksi dengan masyarakat setempat tercermin dalam pendekatan partisipatif, dengan melibatkan mereka dalam perencanaan dan pelaksanaan program. Opini dan kebutuhan masyarakat menjadi landasan utama agar hasil akhir sesuai dengan realitas Desa Cimarga. Harapan besar terletak pada efek jangka panjang dari program ini, di mana diharapkan tidak hanya memberikan solusi terhadap kekurangan penerangan jalan umum, tetapi juga memberikan perubahan signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk mengatasi permasalahan penerangan jalan umum (PJU) di Desa Cimarga, dengan harapan dapat mengurangi potensi kecelakaan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan serta melatih karakter mahasiswa untuk mengidentifikasi masalah serta solusi yang dapat dikembangkan berdasarkan ilmu dari rumpun masing-masing yang diperoleh di kampus, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan karakter melalui pengalaman dan pembelajaran langsung di masyarakat.

28

views