Kampung Margamukti Bergerak Maju dengan Program Revitalisasi Sistem Air Bersih

Kampung Margamukti, yang terletak di Dusun Margawati, Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang, menghadapi tantangan signifikan terkait sistem air bersih. Sebagai kampung terjauh dari pusat pemerintahan desa, sistem pengairan mereka berasal dari sumber mata air yang ditampung dalam dua reservoir yang terletak di dua lokasi pemukiman yang berbeda. Namun, sistem ini sering mengalami keruh, kotor, dan terdapat sedimen yang terbawa, terutama pada musim hujan. Kelompok 07 KKN Tematik ITB 2023 dengan tema air bersih telah menginisiasi program untuk memperbaiki sistem air bersih di Kampung Margamukti.

Program ini mencakup revitalisasi reservoir, pembuatan bak penampungan filtrasi, dan sediment trap setiap reservoir, serta penyuluhan terkait perawatan reservoir. Tujuan utama dari program ini adalah meminimalisir sedimen yang terbawa pada sistem pengairan ke rumah warga dan memastikan penggunaan air dapat secara maksimal digunakan, bahkan sampai disalurkan pada MCK dekat Masjid yang akan dibangun.

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas air menjadi lebih baik dan sehat dengan tidak adanya sedimen yang terbawa saat pengaliran air dari bak sumber mata air hingga ke rumah warga maupun fasilitas umum lainnya. Hal ini juga akan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait perawatan reservoir yang telah dilakukan perbaikan sistem penyaringannya agar dapat terjaga dengan baik dan benar secara berkelanjutan.

Meskipun program ini telah memberikan manfaat yang signifikan, beberapa kendala telah dihadapi, seperti kurangnya kelengkapan data dari hasil survei, ketidaksesuaian timeline rencana dengan timeline aktualisasi, dan ketidaksesuaian RAB rencana dengan RAB setelah pelaksanaan. Oleh karena itu, diperlukan upaya lebih lanjut untuk memanfaatkan survei dengan baik, merancang timeline yang lebih akurat dan realistis, serta membuat perhitungan RAB yang sesuai dengan kebutuhan dan desain konstruksi agar tidak terjadi overbudget.

Dengan demikian, melalui program revitalisasi sistem air bersih ini, Kampung Margamukti sedang mengambil langkah maju untuk memastikan ketersediaan air bersih yang layak dan sehat bagi seluruh warganya.

28

views