ITB Siap Menjalin Kerja Sama dengan Pemkab Maluku Tenggara untuk Pengembangan Sektor Unggulan

Malra, lppm.itb.ac.id-Sabtu, 1 Oktober 2022, Tim Pengabdian Masyarakat ITB melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengabdian Masyarakat LPPM ITB di Kabupaten Maluku Tenggara. Diketahui, LPPM ITB dengan program pengabdian masyarakat hadir di Malra untuk membangun kerjasama berbagai sektor pembangunan dan pelayanan publik mendapat respon yang luar biasa dari Pemda setempat.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menyambut baik kunjungan Tim Pengabdian Masyarakat LPPM ITB. Menurutnya, kerja sama dengan LPPM ITB ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah untuk pengembangan berbagai sektor khususnya potensi unggulan perikanan dan Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara serta sektor unggulan lainnya.

Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM ITB, Deny Willy Junaidy, Ph.D., selaku Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pengabdian Masyarakat yang didampingi oleh Dian Sumardiana (Kepala Sub Bagian Program Penelitian LPPM ITB) dan Ferdyansyah Poernama (Kepala Sub Bagian Program Pengabdian Masyarakat LPPM ITB) melakukan kunjungan sejak 1 hingga 5 Oktober 2022.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat LPPM ITB Prof. Tati Syamsudin yang didampingi mahasiswa S-3 Kelompok Keahlian Ekologi Hayati, SITH ITB, telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara selama kurang lebih 2 tahun. Lalu, Prof. Tati dalam diskusinya dengan Bupati Maluku Tenggara, setelah menerapkan pemanfaatan data berbasis Internet of Things (IoT) dan budidaya rumput laut, timnya membahas rencana ke depan untuk pengembangan sektor unggulan lain. Pengembangan ini akan disesuai dengan potensi dan kebutuhan di daerah sekitar.

Prof. Tati dan tim menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yang telah menerima kehadiran ITB serta menyambut baik atas rencana kedepan untuk daerah Kabupaten Maluku Tenggara. "Keindahan Pulau Kei dan daerah Malra yang sangat luar biasa ini bisa kita gali dari berbagai sektor. Tentunya dengan adanya kerja sama lanjutan ini, harapannya kebutuhan masyarakat sekitar akan terpenuhi.", sambung Prof. Tati.

Selain melakukan kunjungan ke Pemkab Malra, Tim yang beranggotakan 5 orang ini melakukan kunjungan ke Dinas Perikanan dan Dinas Kominfo Kabupaten Maluku Tenggara untuk menyampaikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat.

Atas kunjungan ini, Pemkab Malra memberikan cendramata berupa plakat Maluku Tenggara. Lalu, Tim Pengabdian Masyarakt LPPM ITB menyerahkan cendramata berupa baju desanesha yang merupakan aplikasi untuk melaporkan masalah kepada Pakar ITB dan buku kegiatan pengabdian masyarakat ITB.

734

views