ITB Gelar Pengabdian Masyarakat untuk Masjid Hijau dan Wisata Halal di Pulau Weh Sabang

Institut Teknologi Bandung (ITB) melakukan kegiatan program Pengabdian Masyarakat Skema Bottom-Up 2023 dengan Aplikasi Teknologi Reverse Osmosis (RO) sebagai Implementasi Green Mosque (Masjid Hijau), Concept Guna Meningkatkan Kualitas Wisata Halal di Pulau Weh Sabang.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat ITB, Dr. Qoriah dalam sambutannya menyampaikan, program Pengabdian Masyarakat dalam bentuk Skema Bottom-Up 2023 ini kita lakukan untuk kemudahan bagi masyarakat dalam hal mendapat kemudahan dan kesehatan terutama bagi kebutuhan air bersih.

"Kemudian ITB juga sebagai Institut Teknologi memiliki program pro rakyat yakni memudahkan bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih yang langsung dapat dikonsumsi setelah proses penyulingan menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh ITB", ujar Dr. Qoriah.

"Kemudian, program pro rakyat ini juga sebagai wujud dukungan Institut Teknologi Bandung terhadap program pemerintah Aceh, salah satu provinsi yang diberlakukan Syariat Islam, yang mana Sabang sebagai kawasan tujuan wisata yang perlu dengan segala produksi halal maka kami dari ITB perlu hadir di sini", tambah Dr. Qoriah, disela-sela pembukaan program Pengabdian Masyarakat yang digelar di Room Mata Le Resort, Selasa (08/08/2023).

Ia berharap kerja sama yang terjalin ini kiranya dapat terus ditingkatkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang pro rakyat salah satunya Teknologi Reverse Osmosis untuk Green Mosque di lingkungan Masjid.

Sementara itu, Ketua Pengurus kemakmuran Masjid Agung Babussalam Kota Sabang, Tgk Anwar Usman, mengatakan, "Hidup ini memang sebuah pengabdian karena dalam kehidupan saling membantu dan membutuhkan, maka pengabdian itu adalah diperlukan dan harus dilakukan oleh setiap manusia", ujar Tgk Anwar.

"Kami atas nama masyarakat dan keluarga besar pengurus kemakmuran masjid Kota Sabang, mengucapkan terima kasih atas pengabdian bagi masyarakat yang dilakukan oleh ITB. Semoga pengabdian tersebut menjadi amal ibadah dan dapat diberikan kepada masjid-masjid lainnya," sambung Tgk Anwar.

Penanggung jawab sementara Wali Kota yang diwakili oleh Asisten III Bidang Umum dan Administrasi Sekretaris Daerah (Setda) Kota Sabang Rinaldi Saputra, M.T., menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik ini sekaligus sebagai dukungan dari ITB terhadap Syariat Islam yang diberlakukan di Aceh dalam hal wisata halal.

Sabang merupakan pulau wisata terkenal, tetapi ada kawasan-kawasan yang tidak ada sumber air bersih seperti di kawasan wisata Pulau Rubiah. Harapannya program Pengabdian Masyarakat ITB yang berfokus untuk penyediaan air ini bisa terus berlanjut dan selalu bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Sabang Luthfi Jamil, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Sabang, para pengurus Masjid Agung Babussalam Kota Sabang.

298

views