ITB dengan Pemda Biak, Resmi Luncurkan Situs Web wisatabiak.com

Tim pengabdian masyarakat dari Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor melaksanakan peluncuran situs web wisatabiak.com. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 29 November 2021, setelah upacara peringatan HUT Korpri ke-50 di lapangan TNI AU Marlon Kawer Biak.

Peluncuran situs web ini bertujuan untuk memperkenalkan wilayah biak ke mata dunia dengan menampilkan berbagai potensi wisata baik alam, budaya serta keunikan lainnya yang ada di Biak Numfor. 

Ketua tim pengabdian masyarakat ITB, Dr. Ira Adriati, Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung berharap melalui situs web ini bisa mengangkat pariwisata di pihak dan bisa membuat Biak Numfor Semakin dilihat dan dikenal di mata dunia.

"ITB itu ada program pengabdian pada masyarakat. Setiap dosen memiliki kesempatan untuk memilih kawasan untuk kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Saya selama ini sudah melakukan beberapa kegiatan pengabdian masyarakat, salah satunya di Tanjung bira", Ujar Ira pada wawancaranya dengan RRI.

Menurutnya, daerah Papua memiliki kawasan yang sangat potensial dan penting untuk dikembangkan. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat kali ini memilih daerah Biak Nimfor.

"Saat itu, saya langsung ketemu Pak Kadis, Pak Oni, untuk program ini. Pariwisata apa yang paling dibutuhkan. Ternyata yang paling dibutuhkan adalah website. Jadi keinginan dari Pak Kadis juga untuk Dinas Pariwisata memiliki khusus website yang mudah diakses", Kata Ira.

"Walaupun ada kebijakan dari pemerintah pusat untuk di satu kanal website. Namun kami pikir juga itu sesuatu yang penting nya karena biasanya orang akan berwisata kan akan melihat langsung mencari website untuk wisata nya. Dengan begitu, diharapkan bisa lebih praktis". Sambung Ira pada wawancaranya dengan RRI.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Biak Numfor, Turbey Onisimus Dangeubun, menyampaikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak ITB untuk memastikan bahwa semua destinasi dan juga potensi-potensi unggulan lain yang ada di kawasan biak numfor bisa tereksplorasi dan diketahui oleh khalayak sehingga bisa membantu dalam pengembangan dan pembangunan ekonomi di Kabupaten Biak.

"Peluncuran website wisatabiak.com hari ini sebagai wujud totalitas pengabdian perguruan tinggi lewat Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat. Kemudian ketika membangun pariwisata memang menggunakan konsep pentahelix, akademisi, bisnis, komunitas, goverment, dan media. Dan ini salah satu pilar yang didorong oleh ITB".

Selain itu, Turbey mewakili jajaran pemerintah Kabupaten Biak Numfor, mengucapkan terima kasih kepada Institut Teknologi Bandung atas dukungan yang nyata kepada Kabupaten Numfor.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Bupati, Sekda dan seluruh jajaran menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh civitas akademika Institut Teknologi Bandung yang memberikan perhatian terhadap pembangunan kabupaten-kabupaten yang diawali dengan kerjasama yang kita saksikan hari ini,” katanya.

Kemudian, pihaknya akan melakukan komunikasi dan kerja sama lanjutan terkait dengan promosi pariwisata Kabupaten Biak Numfor dengan LPPM ITB.

Penulis dan penyunting: Ali Hasan Asyari

1043

views