ITB Berikan Pelatihan Platform Digital Kepada Petani dan Pelaku UMKM di Haurgombong, Sumedang

Dalam upaya meningkatkan produksi dan pemasaran hasil olahan warga, Pusat Pemberdayaan Perdesaan (P2D) ITB dan Bumdes Berbudi menggelar pelatihan platform digital di Gedung serbaguna Desa Haurgombong Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Rabu 26 Juli 2023.

Ketua Projek Pengabdian Masyarakat (PM) ITB sekaligus pemateri Dr. Taufikurahman mengatakan, pelatihan ini untuk peningkatan perekonomian masyarakat desa Haurgombong.

"Kita memang mengundang hanya 20 sampai 30 orang mereka adalah produsen petani pelaku UMKM, memproduksi kripik pisang, minuman lidah buaya, tape dari singkong. Dan Bumdes kita dorong untuk berperan sebagai penampung dan penyalur dari produk-produk pertanian dan makanan olahan," ujarnya.

Pihaknya sudah mengembangkan website haurgombong.co.id agar masyarakat bisa mengakses apa saja produk yang diproduksi bisa dilihat.

Diharapkan partisipasi dari masyarakat untuk bisa memberikan informasi produk-produk yang dihasilkan, seperti harganya produk.

"Insya allah kedepan ada semacam pendampingan bagaimana supaya masyarakat Haurgombong produknya bisa lebih dikenal di masyarakat lebih luas lagi bahkan bisa diekspor. Bahkan ada beberapa produk yang sudah diekspor seperti kripik ubi Cilembu," katanya.

310

views