Inovasi Rumah Pengeringan Kopi dan Solusi untuk Serangan Hama di Desa Cimarga

Desa Cimarga, dikenal sebagai penghasil kopi terkemuka, kini melangkah maju dalam peningkatan kualitas dan efisiensi proses pascapanen kopi dengan membangun rumah pengeringan kopi. Inisiatif ini muncul dari survei yang menunjukkan bahwa petani kopi di desa ini masih menggunakan metode manual dalam proses pengeringan, memakan waktu hingga sebulan. Dusun Cipeundeuy sudah memiliki satu unit rumah pengeringan kopi yang sukses, dan sekarang langkah diambil untuk memperluas penggunaan teknologi ini ke seluruh desa.

Rumah pengeringan kopi ini, berukuran 6m x 6m, dibangun dengan menggunakan baja ringan untuk kerangka yang kuat dan tahan lama, serta plastik UV untuk dinding dan atap yang mempercepat proses pengeringan. Sistem ventilasi dan blower di dalam rumah memastikan kelembaban terkontrol dan kopi bisa kering dengan cepat. Sementara itu, energi listrik untuk blower berasal dari panel surya, menandai pendekatan ramah lingkungan dalam proyek ini.

Selain itu, serangan hama seperti monyet dan babi hutan yang merusak kebun kopi juga diatasi dengan program penanaman bibit pohon jeruk. Ini diharapkan bisa mengalihkan perhatian hama dari kebun kopi ke sumber makanan alternatif, meningkatkan produktivitas pertanian dan ekonomi masyarakat.

Namun, pelaksanaan program tidak tanpa tantangan. Perhitungan biaya material yang sulit dan masalah implementasi selama musim kemarau menjadi beberapa hambatan yang harus diatasi. Untuk itu, penting untuk lebih melakukan survei harga dan merencanakan penyiraman bibit dengan lebih cermat.

Program ini memiliki manfaat yang signifikan, seperti meningkatkan efisiensi proses pascapanen kopi, melindungi kebun kopi dari serangan hama, dan meningkatkan pendapatan petani. Dengan pengelolaan di bawah Bumdes, rumah pengeringan kopi akan menjadi sumber daya yang berharga bagi seluruh masyarakat desa.

Selain itu, kerja sama dengan kelompok lain untuk membangun agrowisata kopi dan program penanaman bibit jeruk menunjukkan sinergi yang kuat dalam meningkatkan potensi ekonomi dan pariwisata desa. Diharapkan program ini tidak hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga memberikan landasan yang kuat untuk pembangunan berkelanjutan di Desa Cimarga.

31

views