Edukasi Terapi Farmakologi dan Non-Farmakologi dalam Menekan Prevalensi Hepatitis B untuk Kader di Desa Tanjung, Lombok Utara

Lombok Utara, lppm.itb.ac.id, 24 Mei 2023 - Di tengah upaya global dalam memerangi Hepatitis B, sebuah program kolaboratif antara Institut Teknologi Bandung, Yayasan Muslim Madani dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara dilaksanakan di Yayasan Muslim Madani, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader dalam terapi farmakologi dan non-farmakologi guna menekan prevalensi Hepatitis B pada tenaga kesehatan, ibu hamil, dan anak usia 0-12 tahun di wilayah tersebut.

Hepatitis B merupakan penyakit menular yang melanda banyak negara di seluruh dunia. Kabupaten Lombok Utara juga terkena dampaknya, dengan tingkat prevalensi yang signifikan di kalangan tenaga kesehatan, ibu hamil, dan anak-anak usia 0-12 tahun. Oleh karena itu, upaya kolaboratif antara pemerintah daerah, lembaga kesehatan, dan mitra masyarakat untuk mengatasi masalah ini.

Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para orang tua yang mempunyai buah hati 0-12 tahun, ibu hamil dan para tenaga kesehatan setempat tentang penyakit hepatitis B, baik dari segi gejala, upaya preventif baik dengan pendekatan farmakologi maupun non-farmakologi. Kegiatan ini diisi oleh expertise Hepatitis B dari PT. Biofarma, Persero yaitu Apt. Fakar Daras Kamal sebagai peneliti yang sudah meneliti tentang Hepatitis B sejak tahun 2015.

Dalam kegiatan ini masyarakat dihimbau untuk terus menjaga kesehatan anak-anaknya dengan memberikan asupan makanan bergizi, tidak jajan sembarangan di luar sekolah, tidak berbagi barang-barang pribadi dengan temannya. Orang tua juga dihimbau untuk terus memberikan vaksin hepatitis B sesuai dengan jadwal imunisasi anak.

Program pengabdian pada masyarakat ini juga dilaksanakan skrining kesehatan pada anak-anak di usia 0-12 tahun dan pemberian multivitamin bagi ibu hamil dan anak-anak. Kegiatan skrining kesehatan ini untuk monitoring kesehatan anak-anak di Kecamatan Tanjung, Lombok Utara pasca pandemi SARS CoV-19, serta untuk melihat apakah ada gejala awal penyakit hepatitis B pada anak-anak di Desa Tanjung. Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan oleh dokter dan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara.

Dengan berjalannya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang diinisasi oleh Institut Teknologi Bandung, diharapkan ITB bisa berkontribusi lebih signifikan, lebih luas dan lebih bermanfaat ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia, khususnya di daerah 3T. Kegiatan ini pun diharapkan ITB bisa terus menjalin kerja sama yang berkelanjutan antara BUMN khususnya PT. Biofarma, Persero, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara dan mitra masyarakat yaitu Yayasan Muslim Madani.

 

Oleh: Dr. Elsa Silvia Nur Aulia, M.Pd dan Apt. Defri Rizaldy, Ph.D

Jabatan: Dosen KK-Ilmu Ilmu Kemanusiaan FSRD, dan Dosen KK Biologi Farmasi SF.

Email: silvialelsha@gmail.com

730

views