Dukung Inovasi Pariwisata Bira, Tim LPPM ITB Luncurkan Situs Web Wisata Desa Bira, Sulawesi Selatan

Dukung Inovasi Pariwisata Bira, Tim LPPM ITB Luncurkan Situs Web Wisata Desa Bira, Sulawesi Selatan

Kini, keindahan yang tersembunyi seperti Desa Bira akan mudah diakses oleh khalayak. 18 Oktober 2021, situs web bernama wisatabira.com telah resmi diluncurkan. Situs web ini guna bisa mempromosikan keindahan alam Desa Bira kepada khalayak. Inovasi ini diinisiasi tim LPPM ITB yang sebelumnya melakukan riset di Desa Bira.

Peluncuran situs web wisatabira.com, dilakukan langsung oleh Dr. Ira Adriati (tim riset LPPM ITB) bersama dengan Kepala Desa Bira, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, di Kantor Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Wisatabira.com merupakan persembahan dari tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung yang telah sukses melakukan riset wisata dan budaya Bira.

Selain meluncurkan situs web wisata Bira, Dr. Ira Adriati juga sukses menulis dua buku terkait Bira berjudul Wisata Bira dan Budaya Bahari Bira. Dr Ira Adriati Winarno mengatakan, dirinya sudah berkunjung ke Desa Bira sudah keempat kalinya. Ia juga telah berkunjung ke Desa Bira sejak tahun 2016 setelah mendapat tugas untuk melakukan riset Pinisi dari Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia.

“Dari sana saya melihat Desa Bira ini memiliki potensi yang sangat besar untuk kemajuan pariwisata dan juga keunikan-keunikan yang tidak dimiliki oleh kawasan lain. Sehingga saya mengajukan kerjasama untuk Desa Bira sebagai percontohan desa wisata budaya berbasis kearifan lokal masyarakat Bugis,” ujar Ira, Rabu, (20/10/2021).

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat tentunya. Harapannya dengan adanya situs web wisatabira.com ini dapat meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata di Bira. 

“Kita berharap dengan adanya platform tersebut dapat meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif Desa Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” ujar Ira.

Sementara itu, Kepala Desa Bira, Murlawa, dalam sambutannya sangat mengapresiasi tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Bandung. Dalam hal ini, Dr. Ira Adriati Winarno yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan riset dan telah banyak membantu masyarakatnya dalam melakukan pengabdian selama ini.

“Sangat mengapresiasi tim LPPM ITB yang telah memilih desa kami sebagai lokasi riset dan melakukan pengabdian di wilayah kami. Kami juga menyampaikan apresiasi dalam menciptakan inovasi dan mendukung pembuatan platform informasi wisata desa Bira,” ungkap Murlawa.

“Ini juga menjadi kehormatan dan spirit bagi masyarakat dan juga pemerintah desa karena tim LPPM ITB telah memilih Bira sebagai lokasi risetnya,” tutupnya.

Penulis dan penyunting: Ali Hasan Asyari

688

views