DesaPreneur Part-5: Membangun DESA dengan DEWA-DEWI-DEDI, Memajukan Indonesia menuju Indonesia EMAS

Sharing session terbuka untuk umum (ITB & non-ITB) dan GRATIS sebagai wujud LITERASI kepada khalayak.

Sekitar 50% penduduk di Indonesia hidup di desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat sekitar 21.173 desa atau 28,2 persen dari total 74.953 desa di Indonesia masuk kategori tertinggal (17.633 desa) dan sangat tertinggal (3.540 desa)

Pelajaran dari Covid-19: kembalilah ke desa, bangunlah desa. Tinggal di desa, rezeki kota, bisnisnya mendunia merupakan slogan kekinian, karena desanya sudah desa digital, jadi tinggal di desa, rezeki kota karena bisa online, dan mendunia karena sudah terkoneksi. Masyarakat desa semakin aman, nyaman, dan sejahtera dengan memberdayakan dirinya dan desanya.

Allaah memberikan karunia yang melimpah yang tak terbatas pada manusia tetapi juga pada semua makhluk Allah. Sebagai makhluk Allah, manusia harus mencari karunia tersebut dengan ilmu, usaha, dan doa. Sumber daya yang melimpah tersebut dapat dinikmati oleh seluruh manusia jika manusia mau berkolaborasi, tolong menolong dan tidak serakah.

Mari simak paparan para narsum yang berkenan menyedekahkan ilmu dan pengalamannya pada sharing session yang diinisiasi oleh Perkumpulan Agripreneur GANESHA pada Sabtu 25.09.21 jam 08.30-11.30 via zoom cloud meeting, dengan topik: DesaPreneur Part-5: Membangun DESA dengan DEWA-DEWI-DEDI, Memajukan Indonesia menuju Indonesia EMAS 2045.

Keynote speech:

Deny Willy Junaidy, S.Sn.,MT.,Ph.D.

LPPM ITB Sekretaris Pengabdian kepada Masyarakat.

Narsum-1:

Dr. Ir. Yayat Hidayat SHut M.Si., IPM,

Dosen Prodi Rekayasa Kehutanan SITH ITB, Pembina KOPPI Gugeuls (Komunitas Petani Kopi Gunung Geulis) Kabupaten Sumedang.

Judul paparan:

Pening­katan Daya Saing Usaha Agroforestri Kopi pada Kelompok Petani Kopi Gunung Geulis melalui Program Wisata Petik Kopi di Kebun, sebagai wujud implementasi Desa Wisata Agro (DEWA)

Narsum-2:

Dr.Intan Taufik, M.Si.,

Kaprodi Mikrobiologi SITH, Dosen Mikrobiologi SITH, Kelompok Keahlian Bioteknologi Mikroba SITH

Judul paparan:

Meningkatkan kualitas kopi pasca panen agroforestri dengan menjaga kualitas air dan dengan menggunakan mikroba lokal sebagai wujud implementasi Desa Wisata Industri (DEWI), Studi kasus di Jawa Barat)

Narsum-3:

Dony Savius ST.

Tribe Leader Smart Village Nusantara (SVN) PT. Telkom

Judul paparan:

Transformasi Digital Desa, Mewujudkan kedaulatan ekonomi Desa sebagai wujud implementasi Desa Digital (DEDI)

 

Link pendaftaran:

https://bit.ly/AG25Sept21-daftar

 

Atas nama Pengurus Perkumpulan Agripreneur GANESHA

Agung Hartanto TI80

0816-1133-794

 

Catatan:

1.Acara ini diinisiasi oleh Perkumpulan Agripreneur GANESHA dan didukung oleh SITH ITB, LPPM ITB, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

2.Mohon keikhlasannya untuk membantu menyebarluaskan, semoga dg dmkn semakin banyak khalayak yg terLITERASI.

807

views