Desa Cimarga Mencari Solusi Terang di Malam Hari: Program PJU dari KKN ITB

Desa Cimarga, dengan populasi sekitar 1.273 orang dan luas wilayah mencapai 1.310,535 hektar pada tahun 2022, menghadapi tantangan besar terkait penerangan jalan yang minim. Kondisi jalanan yang gelap dan licin pada malam hari meningkatkan risiko kecelakaan, terutama dengan medan yang terjal dan tikungan curam yang dihadapi pengguna jalan.

Keterbatasan penerangan ini tidak hanya menghambat mobilitas warga, tetapi juga meningkatkan potensi kecelakaan. Dalam konteks pertumbuhan ekonomi yang pesat di Desa Cimarga, kebutuhan akan penerangan jalan umum yang memadai semakin mendesak.

Oleh karena itu, sebuah program yang difokuskan untuk mengatasi permasalahan ini diperlukan, dan inilah di mana peran Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi krusial. Program ini bertujuan untuk menyediakan penerangan jalan umum yang memadai melalui pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Pembangunan PJU di Desa Cimarga diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan, termasuk peningkatan kualitas hidup warga, dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, dan penciptaan lingkungan yang lebih aman pada malam hari. Ini adalah langkah proaktif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal dan dapat menjadi contoh bagi daerah lain yang menghadapi tantangan serupa.

Pada implementasi program PJU di Desa Cimarga, langkah krusial yang perlu diperhatikan adalah proses pemasangan lampu PJU. Pemasangan lampu ini merupakan elemen utama dalam mencapai tujuan program, yaitu menyediakan penerangan jalan yang memadai.

Proses pemasangan lampu PJU melibatkan aspek teknis, termasuk penentuan lokasi strategis untuk lampu, jenis lampu yang sesuai, dan perencanaan distribusi yang optimal. Ini memerlukan kerjasama antara komunitas setempat, lembaga pemerintah, dan tim KKN untuk memastikan keberlanjutan program.

Pelibatan aktif warga Desa Cimarga dalam proses pemasangan lampu PJU juga menjadi kunci keberhasilan. Partisipasi mereka tidak hanya mencakup pendapat dalam pemilihan lokasi lampu, tetapi juga dapat melibatkan mereka secara langsung dalam proses instalasi. Ini dapat menciptakan rasa kepemilikan dan tanggung jawab bersama terhadap keberhasilan program.

Pemasangan lampu PJU di Desa Cimarga bukan hanya sebagai solusi infrastruktur, tetapi juga sebagai upaya kolaboratif untuk mewujudkan perubahan positif dalam komunitas tersebut. Dengan terang di malam hari, Desa Cimarga melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah.

29

views