Desa Cimarga Melangkah Maju dalam Penanganan Masalah Sanitasi

Desa Cimarga, yang terletak di Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, telah mengambil langkah maju dalam menangani masalah sanitasi yang dihadapi, khususnya di Kampung Margamukti di Dusun Margawati. Meskipun jaraknya cukup jauh dari pusat pemerintahan Desa Cimarga, Kampung Margamukti menjadi fokus program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun ini karena masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan.

Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah ketersediaan fasilitas sanitasi yang memadai. Meskipun terdapat fasilitas ibadah seperti masjid, fasilitas umum seperti Mandi Cuci Kakus (MCK) umum sudah tidak layak digunakan. Hal ini menyebabkan praktik buang air besar sembarangan masih banyak terjadi, yang pada gilirannya menciptakan dampak buruk seperti pencemaran air, penyebaran penyakit, dan kerusakan ekosistem.

Dalam upaya menangani masalah tersebut, telah dilakukan pembangunan MCK ramah lingkungan dengan pengolahan air limbah menggunakan teknologi Biofilter. Meskipun terdapat keterlambatan waktu dalam pengerjaan, namun sarana ini berhasil terbangun dan dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Selain itu, program-program sosialisasi juga telah dilaksanakan, seperti senam pagi rutin, kegiatan pengajian, serta sosialisasi pentingnya sanitasi kepada warga. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan metode yang kurang efektif, namun upaya ini tetap memberikan dampak positif dalam peningkatan kesadaran masyarakat akan sanitasi.

Selain program-program tersebut, sinergi dengan proyek-proyek lain juga telah dilakukan, seperti bekerja sama dengan kelompok infrastruktur dan air bersih kampung Margamukti. Hal ini menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antar berbagai pihak dapat membantu dalam menyelesaikan masalah kompleks seperti sanitasi.

Dengan demikian, melalui upaya-upaya ini, Desa Cimarga telah menunjukkan komitmen dan langkah konkret dalam mengatasi masalah sanitasi yang menjadi tantangan bagi masyarakatnya. Rencana ke depannya adalah melakukan pemantauan kondisi MCK secara berkala serta memberikan biakan bakteri biofilter untuk menjaga kondisi dan sustainability MCK dan teknologi biofilter. Semoga upaya ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat Desa Cimarga dan sekitarnya.

24

views