Darmaga Pelangi dan Perpustakaan Mini: Karya Mahasiswa ITB untuk Suku Kat, Pulau Lipan, Provinsi Kepulauan Riau

Darmaga Pelangi dan Perpustakaan Mini: Karya Mahasiswa ITB untuk Suku Kat, Pulau Lipan, Provinsi Kepulauan Riau

RIAU, lppm.itb.ac.id-20 Juli 2022, ITB melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Laut di Pulau Lipan, Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini dimulai dari 12 Juli hingga 20 Juli 2022, tepatnya pada puncak peresmian Dermaga Pelangi dan Perpustakaan Mini.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diprakarsai oleh Dr. Susanna Nurdjaman, S.Si., M.T. selaku Ketua Tim dan Ivonne M. Radjawane, M.Si., Ph.D., dan juga mahasiswa S-1 Oseanografi Affan F. Rahmadian, M. Ikhwan F. Giantara., Jeremy N. Pongrekun, dan Erica M. Budiono dari Program Studi Oseanografi, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian, Institut Teknologi Bandung.

Dalam wawancara yang dikutip dari metroonline.co.id, Dr. Sussana membeberkan tujuan dari kegiatan ini, yakni memberi pemahaman tentang pelestarian laut dan mitigasi bencana laut, meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan bagi masyarakat suku laut, meningkatkan wawasan dan pengetahuan anak-anak suku laut, dan juga meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat suku laut.

"Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan sedikitnya bekal yang cukup untuk masyarakat Suku Laut, agar dapat mengembangkan potensi diri dan taraf hidupnya", tambah Dr. Sussana pada wawancara oleh metroonline.co.id.

Adapun rangkaian yang dilakukan adalah pembentukan karakter cinta laut dan FunGame, pembuatan Perpustakaan Mini, pemberian peralatan olahraga (peralatan voli dan badminton), serta pembuatan Dermaga Pelangi.

Penyunting dan penulis: Ali Hasan Asyari

530

views