Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Matematika

Cara Mudah dan Menyenangkan Belajar Matematika

Tags: ITB4People, Community Services, Pengabdian Masyarakat, SDGs4

Media penunjang pembelajar­an di rumah menjadi salah satu hal yang dibutuhkan guna mengatasi kesulitan belajar, khususnya pada pelajaran matema­tika bagi siswa sekolah dasar. Apalagi semenjak aktivitas pengajaran dilakukan secara daring akibat pandemi yang belum kunjung usai.

Kesulitan belajar matematika secara daring yang kerap timbul ialah rendahnya motivasi belajar untuk mengulang dan la­tihan. Hal itu dipengaruhi beberapa faktor, seperti sulitnya materi, media pembelaja­ran kurang menarik, keterbatasan waktu, dan jangkauan guru dalam penyampaian pembelajaran. Selain itu, keterbatasan orangtua, baik dari segi waktu, finansial, maupun kemampuan pedagogiknya. Di satu sisi, matematika merupakan pelajaran yang: membutuhkan banyak latihan umuk menguasainya.

Dalam upaya mengatasi rendahnya moti­vasi belajar matematika, Kelompok Keahlian Aljabar FMIPA ITB berkolahorasi dengan Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multi Media Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB merancang sebuah mobile game Super Aritmatika. Mobile game berbasis Android tersebut berisi tentang materi perkalian da­sar dengan konsep penjumlahan berulang. Super Aritmatika versi beta yang diluncur­kan pada Desember 2020 lalu bisa diunduh secara gratis dan diharapkan dapat menjadi media penunjang pembelajaran matema­tika, khususnya materi perkalian sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari ITB unruk Indonesia. 

Selama ini, perkalian kerap kali menjadi materi yang mulai dirasa sulit oleh siswa ketika belajar aritmatika dasar karena kon­sep yang lebih kompleks. Selain itu, bentuk latihan yang diberikan pada siswa cende­rung berupa soal drill di atas kertas dengan dominasi angka dan simbol matematika.

Bahkan, para orangtua sering kali meng­abaikan penekanan konsep penjumlahan berulang dan langsung berfokus pada hafalan tabel perkalian agar proses belajar menjadi lebih cepat. Hal itu yangkemudian memicu rendahnya motivasi belajar hingga memengaruhi tingkat pemahaman dan has ii belajarsiswa. 
Solusi lain dalam meningkatkan moti­vasi belajar ini ialah dengan menghadir­kan media penunjang pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi sesuai dengan kurikulum, karakter, dan per­kembangan kognitif siswa. Oleh karena itu, mobile game Super Aritmatika hadir untuk membantu siswa dalam berlatih perkalian dengan konsep penjumlahan berulang yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, baik secara mandiri maupun dengan bimbingan orangtua.

Game Super Aritmatika

Super Aritmatika dirancang unmk siswa sekolah dasar guna membantu mereka dalam belajar perkalian. Berbeda dengan mobile game matematika bertema perkalian pada umumnya, Super Aritmatika menyajikan permainan bertema perkalian dengan konsep penjumlahan berulang sesuai de­ngan kurikulum yang berlaku. Selain itu, Super Aritmatika menyajikan persoalan matematika secara tematik dengan tema petualangan menelusuri taca surya sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna kepada siswa.

Permainan dimulai ketika pemain harus menyelamatkan planet-planet yang diambil alih alien dan sekutunya dengan menyele­saikan persoalan matematika yang ada di setiap planet. Berawal dari planet Merkurius yang berisi persoalan matematika dengan perkalian satu dan dua hingga planet Nep­tunus yangberisikan persoalan matematika perkalian campuran 1 sampai 10 dengan waktu yang terbatas.

Dalam gim tersebut, persoalan matema­tika disajikan menyatu dalam gameplay dan ditampilkan dengan audio visual yang menarik. Menampilkan lebih ban yak representasi ikonis, yakni representasi berbasis gambar yang menampilkan objek konkret sebagai alat bantu hitung serta diimbangi dengan representasi simbolis, yakni representasi berbasis bahasa dalam bentuk kode atau simbol matematika guna menyesuaikan perkembangan kognitif siswa. Mengingat perkembangan kognitif siswa sekolah dasar berada pada tahap operasi konkret (concrete operational srage) yang mana termasuk dalam masa peralihan antara representasi ikonis dan simbolis.

Tampilan persoalan matematika sepeni ini dapat mengurangi kesan belajar dan suasana seperti sedang menjawab soal ujian saat memainkan permainan dengan materi perkalian yang cenderung diang­gap sulit oleh kebanyakan siswa. Secara tidak langsung, mereka dituntut untuk aktif mencari tahu dan menemukan jawabannya sendiri dari persoalan matematika yang ada sehingga bukan hanya kemampuan perka­lian, melainkan kemampuan pemecahan masalah juga turut dilatih melalui mobile game tersebut.

Selain itu, pemanfaatan perkembangan teknologi, khususnya, mobile game sebagai media pembelajaran juga dlrasa sesuai de­ngan kondisi siswa sekolah dasar masa kini yang termasuk dalam generasi digital native yang mana penggunaan perangkat mobile dan bermain mobile game sudah menjadi ha! yang biasa bahkan lebih disenangi.

Gim Super Aritmatika versi beta terse but sudah diperkenalkan dan diujicobakan pada beberapa siswa sekolah dasar, khususnya kelas tingkat bawah di Kata Bandung dan Kampung Areng, Lembang, melalui ko­munikasi daring yang berisi tautan untuk mengunduh permainan, petunjuk pema­sangan pada perangkat, hingga formulir umpan balik. Hasil umpan balik menunjukkan mayoritas siswa sangat senang memainkan permainan tersebut dan dapat menyelesaikan persoalan matematika yang disuguhkan dalam kurun waktu yang relatif singkat. Beberapa siswa yangbahkan belum hafal perkalian 1 sampai 10 dapat memper­tajam kemampuan perkaliannya melalui permainan tersebut.

Cara bermain

Untuk dapat memainkan gim Super Aritmatika, cukup sederhana. Setelah per­mainan terpasang dalam perangkat, siswa dapat langsung memulai permainan pada lokasi planet yang sudah terbuka. Selanjutnya mereka akan diminta memasukkan jumlah peluru pada tembakan laser umuk melawan alien sekutu dengan jumlah ter­tentu. Apabila siswa berhasil melawan seluruh alien sekutu, lokasi selanjutnya akan terbuka dan siswa akan mendapat bintang tabel perkalian yang dapat digunakan untuk mengulang ataupun menghafal materi perkalian.

Untuk memudahkan siswa memahami cara bermain, gim Super Aritmatika dileng­kapi dengan video prolog dan tutorial pada awal permainan yang dapat dilihat kembali di tengah permainan. Adapun fitur papan skor dan koleksi bintang perkalian dapat mempermudah orangtua mengetahui prog­res dan capaian putra-putri mereka dalam permainan. (M-4) ­

875

views