Bantuan Pengmas ITB di IKN oleh Orang Tua Siswa FTMD ITB 2019

Saat ini, 14 kegiatan Pengabdian Masyarakat ITB di IKN tengah berjalan. Dua kegiatan untuk fasilitasi ekplotasi pemboran pencarian sumber air bersih di dua desa penyangga wilayah inti IKN, Desa Bumi Harapan dan Bukit Harapan menemui banyak kendala. Salah satu kendala adalah pihak desa tidak dapat menyediakan penginapan untuk teknisi di balai desa serta loss listrik untuk sebulan penuh masa pemboran dalam (deep drilling) untuk aquifer air tanah pada kedalaman 100 m, yang membutuhkan daya listrik 30 kVA.
 
Ditengah kebuntuan dan kerumitan baik dalam hal teknis, waktu, jarak, dan persoalan sumber daya manusia di lapangan. Secara tidak sengaja, tim ITB terhubung dengan Bpk. Ir. Edy Herlambang pemilik PT. Borneo Power Services, sekaligus orang tua dari mahasiswa FTMD berkomitmen untuk bisa membantu kegiatan pengabdian masyarakat ITB kedepan tanpa memungut biaya melalui sumberdaya yang dimiliki PT. Borneo Power Sevices, yakni kelistrikan dan utilitas genset/pembangkit listrik.
 
Beliau tergerak hatinya karena ITB bersedia mengirimkan para ahli ITB utuk membantu masyarakat di pedalaman Kalimantan dan sebagai ucapan terima kasih kepada ITB yang telah mendidik kedua putra beliau yang dididik di FTI dan FTMD.

LPPM ITB mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan kepada PT. Borneo Power Services atas dukungannya kepada kegiatan Pengabdian Masyarakat ITB di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Gambar 1. Foto bersama (kiri ke kanan)

Ir. Edy Herlambang (PT. Borneo Power Sevices), Dr. Eng. Arno Adi Kuntoro, S.T, M.T. (FTSL), Dr. rer. nat. Widodo, S.T, M.T. (FTTM), Kevin Herlambang (NIM 13119239 FTMD ITB 2019)

Gambar 2. Suasan pemboran di Desa Bumi Harapan, Kec. Sepaku (September 2023)

Gambar 3. Suasana pengiriman dan unloading perlatan pemboran seberat 5 ton dikirim dari Bandung ke Desa Bumi Harapan, Kec. Sepaku, Kalimantan Timur (September, 2023)

452

views