Bangkitkan Ekonomi Baru Melalui Gerakan Teras Hijau Project

BANDUNG, lppm.itb.ac.id-Tim Pengabdian Masyarakat Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung melakukan gerakan untuk menumbuhkan ekonomi baru di masyakarat melalui produk Sahitya Tisane dengan membentuk Gerakan Teras Hijau Project. Inisiasi ini dilakukan sebagai bentuk timbal baik atas pandemi yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi mengalami krisis.

Kegiatan ini mencoba mengajak masyarakat untuk mencoba peluang baru untuk membangkitkan usaha berbasis lokal agraris.

Gerakan Teras Hijau Project ini digagas pada tahun 2019 dan berupaya untuk memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap masyarakat urban di Bandung. Melalui gerakan ini, Tim Pengabdian Masyarakat SBM ITB berupaya untuk menginisiasi pemberdayaan masyarakat dengan peluang usaha baru, khususnya perempuan yang tinggal di wilayah padat penduduk.

Ide awal kegiatan ini yakni meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Selain itu, kampanye dan sosialisasi awal Teras Hijau Project ialah mengajak para ibu-ibu rumah tangga di wilayah Kelurahan Sukaraja untuk berusaha menanam kebutuhan pangannya sendiri sekaligus mengolah sampah rumah tangga secara mandiri, sambil mencari peluang-peluang baru mengatasi masalah ekonomi di masyarakat.

Salah satu hasil kegiatan ini adalah pembuatan tisane dan sudah mempunyai merek "Sahitya". Sejenis minuman berbahan dasar bunga dan herbal hasil dari berkebun bersama komunitas. Produk ini ditanam oleh ibu-ibu rumah tangga dengan menanam di pekarangan rumah mereka.  Melalui riset pasar dengan melibatkan mahasiswa SBM ITB, kemudian dikembangkan formulasi sesuai dengan keinginan pasar.

Sahitya tisane, adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh Gerakan Teras Hijau Project, Beberapa produk lain akan diupayakan menjadi produk berbasis komunitas, untuk membangkitkan ekonomi-ekonomi baru masyarakat.

“Produk-produk yang kami kembangkan ini lahir dari sebuah pengamatan kami terhadap proses-proses yang kami kenalkan ke masyarakat yang kami angkat secara ilmiah untuk mengali peluang pasarnya bersama mahasiswa, jadi ini kerja kolektif masyarakat dan anak-anak muda yang sedang menempuh pendidikan di SBM ITB”, Ujar Melia Famiola Hariadi, Ph.D., penggagas Gerakan Teras Hijau Project, dikutip dari beritainspiratif.com.

Produk-produk rintisan ini sekarang sudah mulai tersebar di beberapa toko arganik dan juga sedang mengembangkan jaringan pemasaran digital.

Penyunting: Ali Hasan Asyari

1338

views