Audiensi ITB dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Perusahaan Pertambangan, dan PERHAPI untuk Sinergisitas Program Pengabdian Masyarakat dan KKN dalam Pemanfaatan Lahan Eks Tambang untuk Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan di sekitar wilayah Ibu Kota Negara (IKN)

Pertemuan inisiasi ITB dengan Pemkab Kutai Kartanegara dan jajaran OPD dilaksanakan pada pada Senin, 13 Maret 2023. Pertemuan ini membahas rencana sinergitas kegiatan pengabdian masyarakat dan KKN ITB dengan program pemerintah daerah bersama perusahaan pertambangan dalam pemanfaatan lahan eks tambang untuk pengembangan ekonomi berkelanjutan di sekitar wilayah Ibu Kota Negara (IKN). ITB menyampaikan rencana program Pengabdian Masyarakat dan KKN ITB khususnya untuk wilayah Kutai Kartanegara.

Perwakilan perusahaan tambang PT. MHU, PT ABK, PT KE, PT. IBP, PT. BMSS., PERHAPI Kab. Kukar, F-TJSP Kukar, Forum KTT Kukar, dan LPPM Universitas Kutai Kartanegara turut hadir dan positif untuk menindaklanjuti sinergitas program melalui zoom meeting. Catatan terhadap kesiapan perencanaan program akan dibahas terkait pemanfaatan lubang galian eks pasca tambang yang perlu merujuk pada RTRW, RDTR, Perda, dls. termasuk pengembangan Pariwisata di wilayah Kukar yang perlu merujuk pada RIPARDA DAN RIPARKAB Kutai Kartanegara. Topik yang akan disasar adalah pengembangan pariwisata dengan fokus pertanian, perikanan, memanfaatkan Void (eks galian bekas tambang). Unit dan Fakultas/Sekolah di ITB yang akan terlibat adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM ITB), Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P2PAR), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) bersinergi dengan Pemkab Kutai Kartanegara, perusahaan tambang, PERHAPI, dan Universitas lokal (Unikarta) untuk mempersiapkan peta jalan dan rencana aksi. Rencana kegiatan Pengabdian Masyarakat dan KKN ini berorientasi pada pemberdayaan ekonomi berkelanjutan masyarakat sekitar. Dalam rencana pelaksanaannya akan berupaya melibatkan pula mahasiswa ITB putra-putri daerah di wilayah sekitar Kab. Kutai Kartanegara.

442

views