Antisipasi Banjir Majalaya, PPSDA ITB Bangun Website Informasi

Bandung Raya saat ini memiliki beberapa titik rawan bencana, khususnya banjir, yang kerap terjadi saban tahunnya. Selain diperlukan perubahan pada kebiasaan merawat lingkungan, untuk menanggulanginya, kita pun dapat memanfaatkan perkembangan teknologi.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok Pengabdian Masyarakat Pusat Pengembangan Sumber Daya Institut Teknologi Bandung (PPSDA ITB) pada pertengahan Maret 2023 di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Aktivitas mereka di sana diberi tema sosialisai web terintegrasi “Advanced Localized Information for Community Flood Emergency” alias ALICE.

Apa saja hasil dari aktivitas pengabdian masyarakat tersebut?

1. Website diharapkan dapat direplikasi untuk lokasi lain

Menurut siaran pers yang diterima, tujuan dari kegiatan ini adalah guna menyusun website informasi bencana yang menggabungkan beberapa sumber data pengamatan bencana sehingga bisa menjadi rujukan di satu tempat.

Harapannya, website tersebut dapat berprinsip reproducible, sehingga bisa direplikasi di lokasi lain. Adapun target daripada kegiatan itu ialah adanya sesi diskusi pendataan aspirasi dari kelompok Jaga Balai (relawan kebencanaan banjir Majalaya) untuk pengembangan website ALICE.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat ITB 2023 skema bottom-up,” tulis siaran pers yang diterima, Rabu (21/6/2023).

2. Di balik nama website siagawargamajalaya.com

Ketika itu kegiatan dihadiri oleh Mohammad Farid dan Faizal Rohmat sebagai perwakilan dari PPSDA ITB; M. Rais Abdillah dari Program Studi Meteorologi ITB;  sederet perwakilan relawan kebencanaan Jaga Balai; juga beberapa mahasiswa ITB dari program studi yang bersangkutan.

Dari kegiatan tersebut, berbagai aspirasi didapatkan untuk pengembangan website ALICE dan usulan nama website yang akan digunakan yaitu siagawargamajalaya.com.

Nama tersebut diambil dari aspirasi masyarakat, karena pada dasarnya kelompok Jaga Balai serta masyarakat Majalaya yang akan menggunakan website tersebut.

3. Agar Kecamatan Majalaya bisa tangguh bencana

Soal keinginan untuk mewujudkan Kecamatan Majalaya yang tangguh bencana, maka keberlanjutan kegiatan diharapkan dapat dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.

Dengan hadirnya website tersebut, ke depannya diharapkan Kecamatan Majalaya dan sekitarnya menjadi area tangguh bencana. Website tersebut pun dapat bermanfaat sebagai pusat informasi bagi berbagai pihak antara lain warga, pemerintahan, akademisi, sektor privat, dan media.

385

views