Penerapan Viskometer Silinder Konsentrik untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA pada Materi Mekanika, Fluida, dan Listrik-Magnet

Lokasi: 
Penanggung Jawab: 
Muhammad Miftahul Munir, S.Si.,M.Si
Nomor Pegawai: 
198007232008121001
Email Penanggung Jawab: 
Tahun Pelaksanaan: 
2017
Sumber Pembiayaan: 
SMK Bakti Nusantara 666. Jl. Percobaan No.65, Cileunyi Kulon, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40622
Informasi Tim Pelaksana: 
  1.  Dr. Eng. Muhammad Miftahul Munir
  2. Prof. Dr. Eng. Khairurrijal
  3.  Ade Yeti Nuryantini, M.M.Pd, M.Si.
Latar Belakang Masalah yang ditangani: 

Fisika, sebagai salahsatu bagian ilmu sains yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta membangun sumber daya manusia yang berkualitas, merupakan salah satu mata pelajaran yang sudah dipelajari mulai dari jenjang sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA/SMK).  Namun sampai saat ini, fisika masih menjadi materi yang ditakuti dan cenderung tidak disukai oleh sebagian siswa. Hal ini karena pembelajaran fisika disekolah sebagian besar hanya menggunakan pembelajaran konseptual, seperti pendekatan matematis [1] yang hanya membuat kesan fisika sebatas hapalan banyak rumus. Selain itu siswa sering kali susah mengkaitkan suatu konsep fisika dengan konsep fisika lain, tidak mampu membuat hubungan antara pengetahuan yang telah dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti yang tertuang pada Permendikbud  Nomor 81A Tahun 2013 maka pembelajaran fisika memang perlu metode pembelajaran yang kontekstual [2]. Pembelajaran fisika seharusnya mengarah pada pembelajaran kontekstual siswa dapat memahami hubungan antar konsep fisika serta pengaplikasiannya dalam  kehidupan  mereka  sebagai  anggota keluarga  dan  masyarakat [3]. Terlebih lagi, pembelajaran fisika selalu terkesan membosankan karena Guru tidak menghadirkan fisika secara nyata dihadapan siswa. Sehingga memang diperlukannya alat peraga yang dapat memudahkan siswa memahami konsep maupun konteks.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di SMA, terutama pada pemahaman kontekstualnya maka perlu alat peraga. Alat peraga yang dimaksud adalah alat peraga yang dapat digunakan untuk pembelajaran sehingga memudahkan siswa memahami konsep maupun konteks. Saat ini, kebanyakan alat peraga hanya menghadirkan konsep tertentu (tidak komprehensif). Sehingga alat peraga yang komprehensif diperlukan agar siswa dapat mengkaitkan suatu konsep fisika dengan konsep fisika lain. Selain itu juga alat peraga komprehensif berkaitan erat dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dipilih Viskometer Silinder Konsentrik sebagai media Pembelajaran Kontekstual. Viskometer ini menggunakan banyak konsep fisika sekaligus (gaya, gerak rotasi, listrik, ggl, induksi, magnet, fluida, termodinamika, dll). Sehingga dengan alat peraga ini, siswa dapat memahami berbagai konsep dan sekaligus dapat mengkaitkannya  satu sama lain. Selain itu viskositas tersendiri kurang mendapatkan perhatian dan bahkan biasanya hanya sekilas dibahas dalam pelajaran fisika. Padahal viskositas merupakan parameter fisika yang penting dalam industri dan pertambangan.

Kondisi Masyarakat sebelum Pelaksanaan: 

Siswa-siswi di SMK Bakti Nusantara 666 belum memiliki wawasan luas terkait aplikasi Fisika dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, konsep-konsep fisika dirasa tidak menarik sebab pada akhirnya fisika dianggap tidak akan dipakai dalam pekerjaan mereka. Selain itu, sebagai siswa SMK, mereka merasa mendapatkan peluang yang lebih kecil dibanding siswa SMA untuk melanjutkan pendidikan ke tinggat perguruan tinggi.

Lingkup Pelaksanaan : 

Pelaksanaan PM meliputi Survei dan konsolidasi dengan pihak sekolah terkait untuk penjadwalan pertemuan dan lain-lain. Selanjutnya dilakukan seminar kepada  guru dan siswa terkait viskositas dan peranannya. Seminar menggunakan media serta bahan yang lengkap dan menarik. Diantaranya adalah kegiatan demonstrasi eksperimen dengan Viskometer Silinder Konsentrik yang melibatkan siswa secara interaktif. Selain itu pada PM ini, pelaksana memberikan hibah berupa 1 set Viskometer Silinder Konsentrik

Deskripsi dan Foto Kegiatan: 

Testimoni: 

Dari kepala sekolah

"Acara ini sangat bermanfaat bagi sekolah kami. selama ini pembelajaran fisika di sekolah ini sangat minim  alat peraga. jadi dengan adanya demonstrasi ini, diharapkan  anak-anak bisa lebih memahami konsep fisika dengan baik"

 

Dari siswa 1

"Acaranya asyik, kakak-kakak yang bawain acaranya juga asyik. sejauh ini saya pribadi cukup paham mengenai alat yang dibawakan sama kakak-kakak tadi. ya bisa nambah wawasan juga mengenai viskositas"

 

Dari siswa 2

"Sekilas kalau dilihat alatnya cukup rumit. tapi sewaktu didemokan tadi dan saya sudah coba sendiri ternyata alatnya lumayan gampang digunakan. kami sangat senang sekali dengan acara ini, sangat berguna juga jadi bisa lebih senang sama fisika. semoga tahun depan ada lagi ya kak acaranya"

 

Dari siswa 3

"Terima kasih kakak-kakak, demonya bermanfaat sekali bagi kami, nanti datang lagi ya kak"